You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Baru

Kec. Mataraman, Kabupaten Banjar, Prov. Kalimantan Selatan
Info
Selamat datang di Website Desa Jangan Lupa Pakai Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak

Pentingnya Pembinaan Lanjutan: Meningkatkan Kapasitas Perangkat Desa dalam Tahun 2023


Pentingnya Pembinaan Lanjutan: Meningkatkan Kapasitas Perangkat Desa dalam Tahun 2023

Dalam rangka meningkatkan sinergi antara Pemerintah Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Banjar melaksanakan pembinaan kepada desa-desa yang berada di wilayah Kabupaten Banjar. Pada Angkatan Ke-2, Desa Baru menjadi salah satu desa yang mendapatkan kesempatan untuk pembinaan pada hari Kamis, 25 Mei 2023, bersama dengan enam desa lainnya di Kecamatan Mataraman, serta desa-desa di Kecamatan Gambut, Sambung Makmur, Aranio, Cintapuri Darussalam, Paramasan, Tatah Makmur, dan Pengaron.

Salah satu pembahasan dalam pembinaan ini adalah penyusunan LKPPDes (Laporan Keterangan Penyelenggaraan Pemerintah Desa). Laporan ini disampaikan oleh Kepala Desa kepada BPD paling lambat 3 (tiga) bulan setelah berakhirnya tahun anggaran, dan pada akhir masa jabatan Kepala Desa/Pambakal kepada Bupati melalui Camat, paling lambat 6 (enam) bulan sebelum akhir masa jabatan.

Selain itu, materi pembinaan juga mencakup prosedur dalam menerbitkan produk Hukum Desa. Peserta yang hadir berharap agar ada pembinaan lebih lanjut yang dapat diagendakan dan dilaksanakan untuk materi-materi yang lebih spesifik, seperti pembahasan prosedur dalam menerbitkan produk hukum. Mereka berharap adanya bimbingan teknis yang dilaksanakan oleh instansi yang berkompeten serta pendampingan, sehingga Pemerintah Desa memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam membuat regulasi desa.

Administrasi Desa dan Lembaga Desa juga menjadi salah satu materi yang disampaikan dalam kegiatan ini, yang berlangsung di Hotel Delima Kertak Hanyar. Peserta berharap bahwa hasil dari kegiatan pembinaan ini dapat diimplementasikan di lingkungan Pemerintah Desa guna meningkatkan layanan masyarakat dan menciptakan sinergi dalam mendukung kemajuan desa menuju arah yang lebih baik.

Melalui pembinaan ini, diharapkan Pemerintah Desa dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk meningkatkan pelayanan publik dan mencapai kemajuan desa yang lebih baik lagi. Sinergi antara Pemerintah Desa dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Banjar diharapkan dapat terus ditingkatkan guna mewujudkan visi pembangunan yang berkelanjutan dan inklusif di Kabupaten Banjar.

Bagikan artikel ini:
Komentar