You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Baru

Kec. Mataraman, Kabupaten Banjar, Prov. Kalimantan Selatan
Info
Selamat datang di Website Desa Jangan Lupa Pakai Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak

Peningkatan Kapasitas dan Tugas Pokok Operator Desa: Mewujudkan Good Governance Berbasis Digital


Peningkatan Kapasitas dan Tugas Pokok Operator Desa: Mewujudkan Good Governance Berbasis Digital

Jum’at, 15 September 2023, Camat Mataraman, Bapak Heryanto menutup kegiatan Bimtek yang diselenggarakan oleh BKAD Kecamatan Mataraman. Rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut di Aston Banua Hotel Kabupaten Banjar bertema 'Percepatan Pelayanan Publik untuk Mewujudkan Good Governance Berbasis Digital' ini bertujuan untuk membekali seluruh Operator Desa yang berada di Kecamatan Mataraman dengan pengetahuan dasar yang berkaitan dengan kegiatan jurnalistik.

Narasumber kompeten dihadirkan dalam upaya agar pengetahuan terkait kejurnalistikan disampaikan langsung oleh mereka yang berkecimpung langsung serta menangani berita-berita yang dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. Jurnalis Berita delapan Trans TV, Ainuddin Az Zukhairy, pada hari kedua pelaksanaan bimtek, sharing seputar kode etik jurnalistik, unsur-unsur yang harus ada dalam satu berita, kemudian merangkum satu berita agar tujuan berita tersebut dapat tersampaikan.  berita yang dibuat juga diharapkan dapat menggugah minat pembaca untuk membaca berita tersebut, jelas Muhammad Andre dari Brigade manis. Selain keterampilan berbahasa, diperlukan visual yang menarik, dengan menampilkan gambar keadaan yang mewakili berita tersebut. Sehingga pengambilan foto menjadi salah satu unsur pendukung yang penting dalam penyajian berita. Dengan menerapkan Metode Entire-Detail-Frame-Angle-Time (E-D-F-A-T), Agus Fahlipi, fotorafer Kominfo menyampaikan, diharapkan foto yang diambil oleh para jurnalis desa nantinya bisa mengkomunikasikan kondisi secara terperinci dari apa yang mereka lihat kepada masyarakat melalui foto.

Bimtek Peningkatan kapasitas operator desa ini merupakan tindak lanjut dari inovasi layanan informasi teintegrasi maju mandiri agamis (Literasi Manis) yang dicanangkan oleh Bapak Heryanto, Camat Mataraman dalam Rapat Tim Operator Desa bersama Tim Operator Kecamatan, tanggal 29 Agustus 2023, di aula Kecamatan Mataraman. Bimtek kali ini difokuskan kepada pembekalan dalam mencapai tujuan dari Literasi Manis tersebut. Diharapkan sepulangnya dari mengikuti bimtek ini, operator beserta jurnalis desa bisa segera menerapkan pengetahuan yang didapatkan sehingga program inovasi literasi manis dapat segera terlaksana dan dapat dinikmati oleh pengguna internet di Kecamatan Mataraman khususnya, bahkan tingkat yang lebih luas lagi.

 

 

Bagikan artikel ini:
Komentar