You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Baru

Kec. Mataraman, Kabupaten Banjar, Prov. Kalimantan Selatan
Info
Selamat datang di Website Desa Jangan Lupa Pakai Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak

MAKAN BERSAMA BALITA DI DESA BARU


MAKAN BERSAMA BALITA DI DESA BARU

Kegiatan makan bersama balita yang diagendakan setiap hari Rabu ini merupakan  salah satu program yang dilaksanakan di Desa Baru. Pesertanya adalah balita sasaran yang selama satu minggu ini telah menerima PMT balita khusus yang diberikan oleh kader posyandu Desa Baru, rekomendasi dari Puskesmas Mataraman.

Dilaksanakan pada tanggal 24 Januari 2024, tujuan dilaksanakan makan bersama yang  bertempat di Balai Desa Baru ini, selain untuk mengevaluasi tumbuh kembang anak, juga bermanfaat untuk :

1. meningkatkan gizi anak;

2. melatih kemandirian anak; dan

3. menambah semangat makan anak

Dengan makan bersama, anak-anak akan belajar untuk mengkonsumsi beragam makanan, karena kecenderungan mereka yang memiliki rasa penasaran tinggi, sehingga ketika melihat teman seusianya memakan makanan yang biasanya mereka tidak suka atau enggan mereka coba, mereka akan bersedia untuk mencicipi.

Kemandirian anak juga dilatih dalam kegiatan ini, mereka akan diminta untuk menggunakan peralatan makan sendiri, dan menyuap makanan kemulut sendiri sebisanya.

Usia balita adalah masa dimana dunia anak-anak masih diseputaran bermain. Makan bersama bagi anak menimnulkan sensasi bermain sehingga memberikan semangat tersendiri bagi anak, mereka bisa makan sambil memperhatikan teman-teman lainnya yang juga ikut makan.

Untuk mengevaluasi tumbuh kembang balita sasaran, juga dilaksanakan penimbangan dan pengukuran berat dan tinggi badan anak. Terpantau progress semua balita sasaran menunjukkan peningkatan dilihat dari berat badan anak. Hanya ada satu anak yang tidak mengalami penambahan berat badan karena sakit. Untuk balita sakit tersebut, Bidan Desa Renny Apriati memberikan sesi konsultasi khusus kepada ibu balitanya.

"kegiatan ini baru berjalan tujuh hari sejak mulai pertama kali dibuka tanggal 17 Januari 2024 kemaren. masih ada  53 (lima puluh tiga) hari kedepan untuk membiasakan anak-anak mngkonsumsi beragam menu yang disiapkan oleh kader posyandu setiap harinya", Ujar Renny disela-sela kegiatan makan bersama, "Diharapkan ibu bisa berkomitmen untuk melatih anak-anak dirumah untuk mencoba berbagai menu sehat tersebut, dan belajar untuk membuat menu serupa. Sehingga tujuan dari pelaksanaan PMT Balita ini tepat dan efektif" Pungkasnya.

Bagikan artikel ini:
Komentar