You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Baru

Kec. Mataraman, Kabupaten Banjar, Prov. Kalimantan Selatan
Info
Selamat datang di Website Desa Jangan Lupa Pakai Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak

Pambakal dan Operator SIKSNG Desa Baru Ikuti Sosialisasi Aplikasi SIKSNG: Pengelolaan Data Fakir Mis


Baru, 11 Mei 2023 - Pambakal dan Operator SIKSNG Desa Baru mengikuti Sosialisasi Aplikasi SIKSNG: Kegiatan Pengelolaan Data Fakir Miskin Cakupan Daerah Kabupaten Kota Tahun Anggaran 2023 pada Kamis ini. Acara ini dibuka oleh Camat Mataraman, Bapak Dedi Kurniadi, pukul 09.00 WITA. Dalam sambutannya, beliau mengharapkan agar masyarakat dapat terbantu dengan program-program sosial dari pemerintah, serta meningkatkan ekonomi masyarakat dan mengurangi angka kemiskinan dari tahun ke tahun. Beliau juga mengungkapkan harapannya agar program bantuan dari pemerintah didukung oleh peningkatan pembangunan infrastruktur jalan, sehingga mobilitas masyarakat meningkat dan berdampak pada peningkatan ekonomi secara lebih luas.

Dalam penyampaian materi oleh nara sumber dari Dinas Sosial, disampaikan bahwa data BNBA (By Name By Address) Bansos Tunai bersifat rahasia guna mencegah penyalahgunaan data oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Beliau juga mendorong Pemerintah Desa untuk proaktif dalam memperbarui data masyarakat miskin yang layak menerima bantuan sosial, seperti PKH, BPNT, PBI Jaminan Kesehatan Nasional, dan bantuan sosial lainnya. Perbaruan data ini dilakukan melalui putusan musyawarah yang dilaksanakan secara berkala, yang didokumentasikan dengan daftar hadir, Berita Acara, dan dokumentasi kegiatan. Hasil kesepakatan tersebut, berupa daftar nama penerima bansos, baik yang merupakan usulan baru, pemutakhiran data, maupun perubahan data, ditandatangani oleh Pambakal/Kepala Desa dan diunggah ke aplikasi SIKSNG.

Sosialisasi ini merupakan langkah awal dalam memperkenalkan aplikasi SIKSNG kepada Pambakal/Kepala Desa, mengingat pentingnya Basis Data Terpadu yang mencakup informasi penanganan fakir miskin dan orang tidak mampu di desa, sehingga dapat ditindaklanjuti oleh pemerintah. Selanjutnya, akan diadakan BIMTEK khusus yang diikuti oleh Operator SIKSNG yang ada di desa. Dengan adanya pemahaman yang baik mengenai aplikasi ini, diharapkan pengelolaan data fakir miskin dapat dilakukan secara efektif dan akurat guna memberikan bantuan sosial kepada mereka yang membutuhkan.

 

Bagikan artikel ini:
Komentar